Profil Program Studi Ilmu Komputer

Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas karunia dan ijin-Nya yang telah diberikan kepada kita sehingga Program Studi Ilmu Komputer pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman yang hingga kini masih aktif dalam pelaksanaan aktivitas akademik.

Program studi Ilmu Komputer merupakan salah satu prgram studi dibawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Mulawarman. Program studi lainnya adalah Statistik, Fisika, Kimia dan Biologi. Program studi Ilmu Komputer berdiri berdasarkan ijin Dirjen Dikti. No. 3806/D/T/2004 pada tanggal 21 September 2004. Dan perpanjangan ijin program studi Ilmu Komputer sudah dilakukan, ditandai dengan diterimanya surat dari Dirjen Dikti No. 1415/D/T/2007 tertanggal 8 Juni 2007 dan perpanjang ijin program studi ke 2 (dua) ditandai surat rektor Universitas Mulawarman atas nama Dirjen Dikti No. 8635/D/T/K-N/2011 pada tanggal 12 September 2011 tentang perpanjangan program studi Ilmu Komputer.

Untuk mencapai visi dan misinya, berbagai komponen yang mendukung dan menunjang terus dievaluasi dan dibenahi. Komponen-komponen tersebut terbagi menjadi tiga, yaitu input (masukan), proses, dan output (keluaran). Komponen input meliputi mahasiswa, dosen, staff administrasi, laboran dan tenaga pendukung, kurikulum, sarana dan prasarana, keuangan/pendanaan. Komponen proses meliputi tata pamong, pengelolaan program, proses pembelajaran, suasana akademik, penelitian dan pengabdian masyarakat, sistem informasi, dan sistem jaminan mutu. Sedangkan komponen output meliputi lulusan dan publikasi atau produk program studi terutama dari hasil penelitian mahasiswa dan dosen.

Program studi Ilmu Komputer berawal dari konsterasi Ilmu Komputer dibawah program studi statistika, yang diawali oleh ketua konsentrasi/ketua program studi Bapak H.Fahrul Agus, S.Si., MT dan Bpk Nataniel Dengen, S.Si., M.Si sebagai sekretaris prodi, tahun 2002 – 2005 sebagai pendiri pertama, Pada tahun 2005 terjadi perubahan Ketua Program Studi dipimpin Bpk Nataniel Dengen, S.Si., M.Si., dan sekretaris prodi H.Fahrul Agus, S.Si., MT tahun 2005 – 2008. Dan berakhir masa jabatan Nataniel Dengen dilanjutkan oleh Ibu Ramadiani, M.Si., M.Kom., tahun 2008 – 2011 yang mana melakukan proses Akreditasi pertama program studi, pada tahun 2011 masa jabatan Ramadiani berakhir dan dilanjutkan Bpk Hamdani, ST., M.Cs. mulai periode 2011 – 2015, dimana tahun 2011 melakukan proses perpanjangn ijin program studi dan tahun 2013 melakukan proses reakreditasi,  mengundurkan diri dikarena melanjutkan studi S3 program Doktor Ilmu Komputer terhitung Oktober 2013. Dan saat ini pergantian antar waktu diisi oleh Bpk Zainal Arifin, S.Kom., M.Kom hingga masa periode berakhir pada tahun 2015.

Akhirnya, semoga apa yang telah dilakukan ini mendapat ridha dari Tuhan Yang Maha Esa. Amin.

Tertanda,

 

Program Studi Ilmu Komputer

© 2013 Ilmu Komputer